tanda tanda kehamilan 1 bulan

Kenali Tanda-tanda Kehamilan 1 Bulan Pada Fisik Anda

Kehamilan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh sepasang suami istri. Dengan kehamilan, akan tumbuh sang buah hati yang diimpikan. Mempunyai buah hati adalah keinginan semua sepasang suami istri. Karena anak merupakan generasi penerus keturunan yang dapat bermanfaat untuk keluarga, masyarakat. Sehingga dari mulai masa kehamilan hingga melahirkan, anda harus memperhatikannya. Salah satunya, mengetahui tanda-tanda kehamilan 1 bulan.

 

Perkembangan anak tentu saja harus diperhatikan sejak masih dalam kandungan, sehingga anda harus bisa mengenali tanda apa saja yang terjadi jika hamil muda. Kehamilan merupakan kebahagiaan bagi sebuah pernikahan. Sebuah pernikahan akan bertambah bahagia jika terdapat kabar kehamilan. Dengan kehamilan yang baik dan terjaga, janin dalam kandungan tersebut tumbuh dengan baik. Karena anak merupakan titipan Tuhan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Namun banyak juga di indonesia perempuan yang hamil diluar nikah apabila anda mengalami tanda-tanda kehamilan 1 bulan anda bisa menggunakan. obat menggugurkan kandungan

Tanda-tanda Kehamilan 1 Bulan

  1. Terasa mual dan Muntah

Mual dan muntah selalu menjadi tanda-tanda kehamilan yang paling utama, khususnya ketika masa hamil muda. Hal ini biasanya terjadi pada pagi hari karena pada saat malam hari terjadi penumpukan asam lambung selama ketika anda tidur.

 

Mual memang terjadi karena faktor luar lainnya, seperti makanan yang salah. Namun mual yang berlebihan dapat menandakan bahwa itu adalah gejala hamil muda. Ketika anda sudah dinyatakan hamil, untuk mencegah terjadinya mual dan muntah yang berlebihan, anda dapat mengatasinya dengan makan makanan yang bergizi dan jangan biarkan perut kosong sebelum anda tidur.

 

  1. Perut Membesar

Kondisi perkembangan bayi pada usia 1 bulan tidak akan terlihat jelas. Karena sang janin masih belum besar atau hanya sebesar biji salak saja. pada saat ini anda harus menjaga pola makan dan tidur anda. Jangan sampai terlalu kelelahan, maka pada masa ini adalah masa paling rentang terjadi keguguran.

 

Pada usia kehamilan 1 bulan ini perhatikanlah asupan makanan atau gizi yang masuk dalam tubuh anda. Supaya janin dalam perut dapat menyerap nutrisi yang benar-benar cukup dan mampu menunjang kebutuhan nutrisi dalam pertumbuhan sang buah hati dalam kandungan. Jangan biasakan mengkonsumsi makanan junk food atau yang mengandung bahan pengawet. Karena akan membahayakan sang buah hati.

 

  1. Kaki membengkak

Ketika anda mulai hamil usia 1 bulan, anda akan merasakan perubahan fisik pada kaki anda. Kaki akan membesar dan membengkak dari mulai paha, betis dan kaki. Untuk menghindari terjadinya pembengkakan pada kaki, agar anda dapat beraktivitas seperti biasa.  Pastikan jika anda menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat agar sistem peredaran darah lancar ke seluruh tubuh hingga ke kaki.

 

Pastikan juga anda menggunakan alas kali yang nyaman, serta hindari menggunakan heels yang tinggi agar tidak terjadi risiko keseleo atau jatuh. Pemakaian heels juga dapat membuat kaki sakit dan mengganggu keselamatan pada sang ibu dan kandungan. Pada saat hamil muda, memang belum terlihat jelas pembengkakan pada kaki, namun dengan menggunakan sandal sistem peredaran darah dapat berjalan lancar.

 

  1. Pusar menonjol

Salah satu tanda kehamilan 1 bulan terletak pada pusar. Pusar ibu hamil muda ini akan terlihat lebih menonjol dibandingkan sebelumnya. Serta pusar juga  akan terlihat lebih gelap dan disertai adanya garis samar berwarna kecoklatan. Perubahan ini terjadi secara perlahan bersamaan dengan perubahan fisik lainnya.

 

Selain itu pada beberapa wanita akan tumbuh bulu pada area perutnya. Hal ini terjadi karena adanya hormon yang memicuh dan hormon tersebut. Namun, tenang saja karena  hal itu terjadi ketika masa kehamilan datang saja.

 

  1. Bulu ketiak lebih lebat

Pada masa hamil muda, bulu ketiak akan terlihat lebih lebat dibandingkan sebelumnya. Selain itu rambut ketiak tersebut akan lebih halus dan lebih mudah diatur. Anda dapat membersihkan nya dengan obat herbal sehingga tidak membahayakan. Untuk menjaga kebersihan rambut, anda juga harus menggunakan produk alami tanpa adanya bahan kimia yang membahayakan kandungan.

 

  1. Pantat membesar

Selain payudara yang berubah, ternyata fisik ibu hamil yang berubah juga di bagian pantatnya. Pantat ibu hamil akan jauh lebih berisi atau membesar. Latihlah pantat anda dengan olahraga ringan agar tidak kendur ketika usai melahirkan. Jangan lupa untuk aktif mengganti pakaian dalam untuk menjaga kesehatan vagina.

 

Pada usia kehamilan 1 bulan, perubahan pantat memang belum terlihat membesar. Namun, perubahan akan mulai terlihat jelas bersamaan dengan pertumbuhan sang bayi. Pastikan anda selalu menggunakan pakaian yang aman dan nyaman, agar anda tidak mengalami kesulitan ketika bergerak serta tidak membahayakan bayi yang ada dalam kandungan.

 

  1. Hilang nafsu makan

Pada awal kehamilan, biasanya nafsu makan akan menghilang. Serta disertai dengan sifat malas. Hal ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon pada tubuh wanita dan membuat nafsu makan hilang. Namun, hal ini juga tidak berlangsung lama sesuai dengan umur kandungan anda.

 

Ketika hamil muda, anda masih perlu membiasakan diri dengan perut yang semakin membesar. Sehingga untuk makan, anda harus memilih sekiranya makanan mana yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil. Jangan sampai anda memakan makanan yang banyak mengandung bahan kimia atau bahan pengawet yang membahayakan.

 

  1. lebih sensitif

Pada saat hamil, akan muncul rasa mual dan muntah. Serta anda juga akan lebih sensitif terhadap aroma tertentu karena indera penciuman wanita hamil akan lebih tajam. Hal ini yang akan menyebabkan timbulnya rasa ngidam pada wanita yang sedang hamil. Serta membuat perubahan dari mulai fisik hingga psikoligis sang ibu.

 

Pada masa hamil muda juga sang ibu akan sensitif terhadap masalah. Sehingga lebih mudah marah, depresi, dan sedih. Oleh karena itu, pada masa hamil muda ini gunakan untuk merefleksikan otak dan tubuh anda dengan mengunjungi taman, atau tempat asri lainnya. Salah satunya anda dapat mengunjungi taman bunga dan melihat serta merasakan keasrian lingkungan sekitar.

 

  1. Menimbulkan Rasa pusing

Pusing kerap kali menyertai rasa lelah yang datang yang menandakan terjadinya kehamilan akibat menurunnya tekanan darah dan menyempit nya pembuluh darah. Ketika awal terjadi kehamilan, anda akan merasakan pusing dan kepala terasa sangat berat. Namun, hal ini tidak berlangsung lama.

 

Ketika anda merasakan pusing, berhentilah dari aktivitas dan segera istirahat. Karena pada kehamilan 1 bulan masih sangat rentan terjadi keguguran. Mengapa? karena umur janin masih sangat kecil dan masih belum jelas berbentuk manusia. Sehingga anda harus benar-benar menjaga kesehatan dan kondisi tubuh anda.

 

  1. Ngidam

Setiap wanita hamil pasti merasakan ngidam, karena ngidam merupakan keinginan untuk memakan sesuatu yang diinginkan oleh ibu dan sang bayi. Namun, jika anda ngidam makanan yang mempunyai rasa asam atau asin, maka kemungkinan besar anda sedang mengandung anak laki-laki.

 

Pada anak perempuan, cenderung mengidamkan makanan yang manis dan tidak pedes, atau pahit. Jika  selama hamil muda, anda lebih suka makan makanan manis, maka kemungkinan besar kandungan anda perempuan. Karena perempuan cenderung memiliki perasaan yang lebih dalam daripada laki-laki.

Sumber: www.dokteribu.com


ibusehat

Dokteribu.com merupakan situs informasi tentang kesehatan ibu dan anak terlengkap

3 Komentar

Beberapa Penyebab Haid Telat Yang Wajib Diketahui - Dokteribu.com · Mei 2, 2019 pada 2:47 pm

[…] Namun bukan berarti kalau wanita tersebut terlambat haid, bahwa wanita tersebut sudah pasti hamil. Penyebab haid telat bisa terjadi karena banyak faktor, seperti stress, mengkonsumsi alkohol, […]

Tips Diet & Kebugaran Sederhana untuk Mengencangkan Tubuh Anda - Dokteribu.com · Mei 13, 2019 pada 7:08 am

[…] Baca juga :Kenali Tanda-tanda Kehamilan 1 Bulan Pada Fisik Anda […]

10 Manfaat Pisang bagi Kesehatan - Dokteribu.com · Mei 13, 2019 pada 7:37 am

[…] Baca juga :Kenali Tanda-tanda Kehamilan 1 Bulan Pada Fisik Anda […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *