Close
;

Sering Tertawa Lebar Penyebab Rahang Berpindah (Dislocated Mandible)

Dislocated Mandible, Penyebab Dislocated MandibleTertawa adalah suatu ungkapan rasa kegembiraan yang terpancar dengan mata berbinar dan mulut yang terbuka lebar. Tertawa biasanya terjadi pada saat melihat, mendengar, mengingat sesuatu yang lucu. Namun terkadang ada sesuatu hal yang dapat membuat Anda tertawa terbahak-bahak hingga mulut terbuka selebar lebarnya. Namun, terkadang pada saat tertawa seketika mulut jadi tidak dapat kembali seperti keadaan semula. Rasa sakit dan malu yang tak terkira, mulut tidak dapat dikatupkan oleh karena terjadi dislokasi mandibula. Hal yang sama juga bisa terjadi pada saat Anda sedang menguap dengan membuka mulut terlalu lebar.

Dislokasi Temporomandibular Join (TMJ) merupakan suatu gangguan yang terjadi pada rongga mulut karena adanya pergeseran sendi. Dislokasi di definisikan sebagai suatu pergerakan kondilus ke arah depan dari eminensia artikulare yang memerlukan beberapa bentuk manipulasi untuk mereduksi atau membawa ke posisi semula. Penderita dengan fossa mandibula yang dangkal dan kepala kondilus yang tidak berkembang dengan baik, merupakan faktor predosposisi terjadinya dislokasi. Anatomi yang abnormal serta kerusakan dari stabilisasi ligament yang akan mempunyai kecenderungan untuk megembalikan posisi sendi semula (rekuren). Selain itu, diskoordinasi otot-otot oleh karena pemakaian obat-obatan atau gangguan neurologis.

SERING TERTAWA LEBAR PENYEBAB RAHANG BERPINDAH (DISLOCATED MANDIBLE)

Dislokasi ini dapat terjadi secara unilateral atau bilateral, dan juga bisa terjadi secara spontan. Cara membedakannya yaitu jika dagu yang menonjol ke depan disertai mulut yang tidak dapat lagi mengatup berarti dislokasi ini tergolong bilateral, dan untuk unilateral dapat ditandai dengan posisi dagu miring ke arah yang kondilus yang tidak mengalami pergeseran, serta kondisi mulut tidak dapat lagi menutup dengan sempurna.

Apa yang harus dilakukan?
Segera pergi ke klinik terdekat untuk dilakukan reduksi. Reduksi merupakan suatu cara untuk membantu kondilus lewat eminensia artikuaris ke posisi yang semula dengan menekan ramus mandibula pada regio molar bawah ke arah bawah dan selanjutnya ke arah belakang. Biasanya sebelum dilakukan cara ini Anda terlebih dahulu akan di anastesi untuk meradakan rasa sakit , dan membuat pasien menjadi terasa lebih rileks.

Posisi duduk pasien dalam keadaan istirahat dengan kepala yang bersandar dan posisi kepala diusahakan berada serendah mungkin dari operator. Operator akan berdiri tepat depan pasien, namun dimana sebelum melakukan reduksi kedua ibu jari operator akan di balut dengan kasa atau handuk kecil untuk menghindari gigitan pada saat mulut telah mengatup. Posisi kedua ibu jari diletakkan pada daerah oklusal gigi di rahang bawah, lalu dilakukan penekanan di region posterior ke arah bawah dan pada region anterior diarahkan ke atas kemudian digerakkan ke posterior.

Jika proses reduksi telah berhasil, pasien akan diinstruksikan agar berhati-hati pada saat membuka mulut. Hal ini bertujuan agar posisi rahang tetap normal dan tidak terjadi luksasi kembali (rekuren).

Semoga bermanfaat….!!!!

Cara Cepat Hamil

© 2017 Dokter Ibu. Hak cipta Dilindungi UU. · Entries RSS · Comments RSS
Designed by Teguh Depp
You might also likeclose