pantangan ibu hamil adat jawa

Pantangan Ibu Hamil Adat Jawa yang Sangat Kental di Masyarakat

Seorang wanita yang mengalami kehamilan pertama biasanya akan langsung mendapat nasehat panjang dari ibunya. Nasehat yang dimaksud adalah berupa petuah atau saran nasehat terkait pantangan-pantangan yang harus dihindari semasa menjalani kehamilan. Khususnya pantangan ibu hamil adat jawa ini sangat kental sekali dalam masyarakat.

 

Pantangan untuk ibu hamil memang ada. Hal ini dikarenakan pada saat masa kehamilan merupakan masa yang sangat rentan terserang penyakit, gangguan, dan keguguran. Oleh karena itu, pantang yang sudah ditentukan  tidak boleh dilanggar. Khususnya dalam adat jawa ini mempunyai banyak pantangan ketika hamil. Pantangan tersebut berkaitan dengan kejawen atau ilmu luhur.

larangan saat ibu hamil adat jawa

Pantangan Ibu Hamil Adat Jawa

  1. Jangan duduk terlalu lama

Pada saat hamil muda, anda tidak boleh terlalu lama berdiri maupun duduk. karena hal ini dapat membuat pergelangan kaki terasa nyeri dan membuat rasa lelah yang berlebihan. ketika keadaan sang ibu terlalu lelah atau tidak fit, maka akan mudah terserang oleh penyakit, gangguan, kecacatan, bahkan dapat menyebabkan keguguran.

 

  1. Jangan mengejek orang cacat

Menurut adat jawa, ketika hamil tidak boleh mengejek orang. Baik itu mengejek orang yang cacat, baik cacat fisik ataupun mental. Karena jika melanggarnya akan berakibat pada bayi yang dikandung. Bayi akan mengalami cacat yang sama dengan orang yang diejek tersebut. Sehingga tidak boleh mengejek atau menyindir orang lain.

 

  1. Jangan duduk ditengah pintu

Masyarakat jawa percaya jika orang hamil duduk ditengah pintu maka akan mengalami masa sulit pada saat melahirkan. Karena menurut ilmu luhur, tengah pintu merupakan tempat atau jalan bagi makhluk lain.

 

  1. Jangan mematikan atau membunuh hewan

Dalam adat jawa, ketika hamil tidak boleh membunuh hewan apapun. Termasuk juga membunuh cicak, kodok, dan hewan lainya. Karena dikhawatirkan akan berakibat pada janin, janin akan mengalami kecacatan serta pertumbuhan yang sangat terlambat. Bahkan pada malam jumat, tidak boleh membunuh cicak.

 

  1. Jangan mandi larut malam

Ketika kehamilan, anda tidak boleh mandi pada malam hari. Karena hal ini dapat mencegah janin, serta janin akan lahir prematur. Mandi pada larut malam juga dapat menyebabkan diabetes, dan kram. Mandi pada malam hari juga dapat membuka pori kulit, sehingga mudah terserang penyakit dan gangguan laina.

Pantangan Ibu Hamil Adat Jawa Alangkah Baiknya Dipercayai

  1. Jangan mengikat handuk dileher

Pantangan ibu hamil adat jawa ini salah satunya adalah jangan mengikat handuk pada saat hamil akan membuat janin terikat dengan tali pusar sang ibu. hal ini akan menyebabkan kesulitan ketika proses melahirkan. Oleh karena itu, anda tidak boleh melanggar apa yang sudah dinasehati oleh orang tua.

 

  1. Jangan makan pepaya mentah

Buah pepaya sebenarnya baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, jika buah pepaya muda justru sebaliknya. Pepaya yang masih muda mengandung lateks dengan jumlah besar sehingga dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim, dan mengakibatkan bayi lahir dengan prematur.

 

  1. Jangan memaki atau mengejak orang

Pada saat kehamilan, anda tidak boleh memaki orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena pada saat orang yang dimaki atau dibully tersebut berdoa maka doanya akan manjur. Karena memaki, maka doa yang diberikan justru buruk.

 

  1. Jangan Makan Makanan yang Menyengat

Ibu hamil juga mempunyai pantangan untuk tidak mengkonsumsi petai dan jengkol. Petai dapat menyebabkan asupan nutrisi pada sang buah hati menjadi terhambat. Serta dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih cepat yang dapat mengakibatkan sang ibu menjadi lebih cepat merasa lelah

Baca juga: kenali tanda-tanda kehamilan 1 bulan


ibusehat

Dokteribu.com merupakan situs informasi tentang kesehatan ibu dan anak terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *