Cara Mengatasi Masalah Mata dengan Cepat! Masalah mata dapat dengan mudah dicegah jika Anda mempraktikkan kebiasaan perawatan mata yang penting setiap hari. Anehnya, untuk merawat mata sangatlah praktis dan mudah dicapai namun mereka cenderung paling diabaikan.

Menurut informasi terkini pada kali ini akan membahas tentang masalah mata yang wajib Anda simak pada artikel ini. Untuk menjaga kesehatan mata Anda dan menjaga penglihatan Anda tetap tajam, berikut adalah dua belas hal yang harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Menjaga kesehatan mata sangatlah penting dilakukan oleh Anda seperti sering berkonsultasi pada dokter Anda.

1. Hindari menggosok mata Anda.

Tangan terpapar ke banyak kotoran, debu, dan bakteri, dan semua ini dapat dengan mudah dipindahkan ke kacamata Anda setiap kali Anda menyentuh atau menggosoknya. Jadi hindari meletakkan tangan ke mata Anda untuk mencegah infeksi dan iritasi. Jika kebiasaan itu sudah mendarah daging pada Anda, berusahalah untuk menyingkirkannya sesegera mungkin.

2. Sering berlatih mencuci tangan.

Cuci tangan Anda secara teratur untuk menjaga agar bakteri tidak terhindar dan jangan sampai menyentuh mata, kacamata, dan lensa kontak Anda.

3. Lindungi mata Anda dari sinar matahari.

Paparan sinar matahari dan sinar UV meningkatkan risiko Anda untuk degenerasi makula terkait usia dan dapat menyebabkan kornea terbakar sinar matahari atau fotokeratitis. Jadi, selain membuat pernyataan fashion dan menambahkan semangat untuk keseluruhan tampilan Anda, kenakan kacamata hitam itu untuk melindungi mata Anda. Jika memakainya tidak sesuai keinginan Anda, kacamata atau lensa kontak yang dilindungi UV akan berhasil. Mengenakan topi, visor dan topi juga disarankan.

4. Tetap terhidrasi.

Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk kesejahteraan tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk mata. Jika Anda cukup terhidrasi, Anda mencegah mata menjadi kering dan teriritasi.

5. Jangan merokok.

Merokok membuat Anda lebih rentan terhadap degenerasi makula terkait usia dan kondisi mata lainnya seperti katarak . Merokok juga dapat merusak saraf optik, yang dapat memiliki efek buruk pada penglihatan Anda lembur.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Mata ?

6. Jaga diet seimbang.

Beta-karoten, Lutein, Omega-3, Lycopene, dan Vitamin C, A, dan E sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Pastikan bahwa diet Anda diresapi dengan makanan berbeda yang kaya akan nutrisi tersebut.

7. Jaga jarak monitor dan pencahayaan ruangan yang tepat.

Monitor komputer harus diposisikan sekitar satu lengan jauh dari mata dan 20 derajat di bawah ketinggian mata. Ini membuat mata Anda tidak tegang. Demikian juga, pastikan Anda memiliki pencahayaan yang cukup namun tersebar di kamar Anda. Lampu yang terfokus dan terlalu terang dapat menyebabkan silau, dan ini bisa membuat mata terlalu stres.

8. Perhatikan aturan 20-20-20.

Jika Anda ingin menjaga mata Anda tetap dalam kondisi prima, Anda harus mematuhi aturan 20-20-20, yang menyatakan bahwa:

  • Setiap 20 menit, lihatlah dari monitor komputer Anda dan perbaiki pandangan Anda pada objek yang berjarak 20 kaki dari Anda.
  • Kedip 20 kali berturut-turut untuk mencegah kekeringan mata.
  • Setiap 20 menit, keluarlah dari tempat duduk Anda dan ambil 20 langkah. Ini tidak hanya baik untuk penglihatan Anda, tetapi juga mempromosikan postur dan sirkulasi darah yang tepat ke seluruh tubuh. Ya, itu membuat Anda tidak banyak bergerak.

9. Gunakan riasan mata yang tepat.

Jika Anda memakai make-up, pilih merek yang cocok untuk Anda. Hindari bayangan mata, maskara, dan eyeliners yang menyebabkan reaksi alergi pada mata Anda. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih make-up sebelum tidur untuk menghindari penumpukan bakteri dari sisa make-up yang tertinggal di area mata. Demikian juga, bersihkan kuas rias Anda secara teratur, terutama yang Anda gunakan untuk aplikasi rias mata.

Apa Masalah Mata yang Sering Timbul?

10. Tidur yang cukup.

Sama seperti seluruh tubuh Anda, mata Anda perlu diisi ulang juga, dan ini terjadi saat Anda tidur. Jadi pastikan Anda mendapatkan cukup mata tertutup setiap hari untuk menjaga mata Anda tetap segar dan sehat.

11. Pakailah alat pengaman mata yang sesuai untuk berbagai aktivitas.

Apa pun yang Anda lakukan, pastikan mata Anda terlindungi. Jika Anda akan berenang, gunakan kacamata untuk menghindari mata Anda dari klorin. Sementara itu, jika Anda berkebun atau menghadiri proyek DIY di rumah, kenakan kacamata pengaman untuk melindungi mata Anda dari partikel debu, bakteri, dan cedera.
Jika Anda menggunakan bahan berbahaya atau udara di tempat kerja atau di rumah, kenakan kacamata pengaman atau kacamata pelindung.

Olahraga seperti hoki es, bola raket, dan lacrosse juga dapat menyebabkan cedera mata. Pakailah pelindung mata. Helm dengan masker wajah pelindung atau kacamata olahraga dengan lensa polikarbonat akan melindungi mata Anda.

12. Jaga kebersihan lingkungan Anda.

Paparan kotoran dan debu dapat mengiritasi mata; jadi pastikan tempat-tempat yang sering Anda kunjungi dirawat dengan baik dan bersih. Ganti linen dan handuk Anda secara teratur dan jaga agar tempat kerja Anda tidak berantakan.

13. Makan dengan Baik

Kesehatan mata yang baik dimulai dengan makanan di piring Anda. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein , seng, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak . Untuk mendapatkannya, isi piring Anda dengan:

  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan collard
  • Salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya
  • Telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan sumber protein bukan daging lainnya
  • Jeruk dan buah atau jus jeruk lainnya

Berikut yang dapat membantu melindungi penglihatan Anda dan memungkinkan Anda melihat yang terbaik.

Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit, seperti glaukoma , yang tidak memiliki gejala. Penting untuk menemukan mereka sejak dini, ketika mereka lebih mudah dirawat.

Bagamana dengan Masalah Mata ?

Tergantung pada kebutuhan kesehatan mata Anda, Anda dapat melihat salah satu dari dua jenis dokter:

Dokter mata adalah dokter medis yang berspesialisasi dalam perawatan mata. Mereka dapat memberikan perawatan mata umum, mengobati penyakit mata, dan melakukan operasi mata.

Ahli kacamata telah memiliki 4 tahun pelatihan khusus setelah lulus. Mereka memberikan perawatan mata umum dan mengobati penyakit mata yang paling umum. Mereka tidak melakukan operasi mata.
Pemeriksaan mata yang komprehensif mungkin termasuk:

Berbicara tentang riwayat medis pribadi dan keluarga Anda

  • Tes penglihatan untuk melihat apakah Anda rabun dekat, rabun dekat, memiliki astigmatisme ( kornea melengkung yang mengaburkan penglihatan), atau presbiopia (perubahan penglihatan terkait usia)
  • Tes untuk melihat seberapa baik mata Anda bekerja sama
  • Tekanan mata dan tes saraf optik untuk memeriksa glaukoma
  • Pemeriksaan eksternal dan mikroskopis mata Anda sebelum dan sesudah pelebaran
  • Anda mungkin juga perlu tes lain.

Baca juga : 10 Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Itulah beberapa ulasan tentang cara masalah mata dengan benar agar Anda terhindar dari masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

Kategori: KESEHATAN

ibusehat

Dokteribu.com merupakan situs informasi tentang kesehatan ibu dan anak terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *