Tahukah Anda Manfaat Teh Hibicus ini! Manfaat kesehatan teh kembang sepatu termasuk kemampuannya untuk mengurangi tekanan darah tinggi , kolesterol tinggi, dan masalah peradangan, membantu meredakan gangguan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi membantu mengobati penyakit hati dan kanker.

Menurut informasi terkini pada teh Hibicus juga dapat mempercepat metabolisme membantu dalam penurunan berat badan yang sehat dan bertahap. Ini juga dapat dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Teh ini kaya akan vitamin C, mineral, dan antioksidan.

Apa itu Teh Hibiscus?

Teh kembang sepatu, juga dikenal sebagai Agua de Jamaica dan dengan nama ilmiahnya Hibiscus sabdariffa disiapkan dengan merebus bagian-bagian tanaman kembang sepatu . Teh kembang sepatu berwarna merah rubi atau magenta dalam dan memiliki rasa asam.

Ini adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia dan sering digunakan sebagai teh obat. Bunga kembang sepatu memiliki berbagai nama dan dikenal sebagai “Roselle” di beberapa tempat. Ini tersedia secara luas di pasar di seluruh dunia peminum teh dan dapat dikonsumsi panas atau dingin tergantung pada preferensi Anda. Teh ini rendah kalori dan bebas kafein .

 

Nutrisi Teh Hibiscus

Teh kembang sepatu secara alami rendah kalori dan bebas kafein. Menurut Database Nutrisi USDA , ia memiliki persediaan mineral yang baik termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Ia juga mengandung vitamin B seperti niacin dan asam folat. Teh ini adalah sumber anthocyanin yang baik, yang membuatnya bermanfaat untuk mengatasi peningkatan tekanan darah, pilek, dan infeksi saluran kemih (ISK).

Properti Antikanker

Teh Hibiscus mengandung asam hibiscus protocatechuic, yang memiliki sifat antitumor dan antioksidan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, di Taichung, Taiwan menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, khususnya sel-sel leukemia manusia dengan menginduksi apoptosis, umumnya dikenal sebagai kematian sel yang diprogram.

Apa Manfaat dari Teh Hibicus ?

Studi lain oleh Karina H. Goldberg dan tim peneliti melaporkan bahwa ekstrak kembang sepatu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit. Selanjutnya, Lin HH, et al. dalam penelitian mereka ditemukan ekstrak kembang sepatu menginduksi apoptosis atau kematian sel pada sel kanker lambung.

Namun, penelitian lebih lanjut dan bukti ilmiah diperlukan untuk mengkonfirmasi potensi antikanker ekstrak kembang sepatu.

Agen Antiinflamasi & Antibakteri

The kembang sepatu tanaman daun teh longgar kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C . Ini adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh. Teh kembang sepatu juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Karena itu, ini dapat membantu melindungi Anda dari terserang flu dan flu. Ini juga dapat digunakan untuk mengobati ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam, karena efek pendinginannya.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Manfaat kesehatan teh kembang sepatu termasuk menghilangkan kram dan nyeri haid. Ini membantu memulihkan keseimbangan hormon juga, yang dapat mengurangi gejala menstruasi seperti perubahan suasana hati, depresi, dan makan berlebihan.

Bertindak sebagai Agen Antidepresan

Teh kembang sepatu mengandung vitamin dan mineral, khususnya flavonoid, yang telah dikaitkan dengan sifat antidepresan dalam beberapa penelitian pada hewan. Konsumsi teh kembang sepatu dapat membantu menenangkan sistem saraf, dan dapat mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi rileks di pikiran dan tubuh. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi kemanjuran sebenarnya dari sifat antidepresan ini.

Bagaimana Cara Kerja Teh Hibicus ?

Meningkatkan Pencernaan
Banyak orang minum teh kembang sepatu untuk meningkatkan pencernaan karena mengatur buang air kecil dan buang air besar. Karena memiliki sifat diuretik, itu juga digunakan untuk mengobati sembelit, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Anda , dan mengurangi risiko kanker kolorektal .

Satiates Thirst

Teh kembang sepatu juga digunakan sebagai minuman olahraga untuk memuaskan dahaga. Untuk tujuan ini, teh kembang sepatu biasanya dikonsumsi dingin, sebagai es teh. Banyak orang memasukkannya ke dalam makanan karena jenis teh ini memiliki kemampuan untuk mendinginkan tubuh dengan sangat cepat.

Minuman Musim Panas & Musim Dingin

Anda dapat minum teh kembang sepatu baik sebagai teh panas atau es teh. Jika Anda ingin menghangatkan diri di musim dingin, seduh dan segera minum. Hanya perlu beberapa menit untuk membuatnya. Jika Anda tidak ingin meminumnya panas, selama cuaca yang lebih hangat, Anda memiliki pilihan untuk minum es teh kembang sepatu dengan merendam bunga kembang sepatu organik dalam air. Dibutuhkan sekitar 20 menit untuk persiapan, dan kemudian Anda dapat menenangkan diri dengan cara yang sehat dan menyegarkan.

Anda dapat dengan mudah membuat teh kembang sepatu di rumah jika Anda memiliki bunga yang tumbuh di halaman belakang Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke tanaman kembang sepatu, teh sebaiknya dibuat dengan:

Efek Samping Teh Hibiscus

Meskipun teh kembang sepatu adalah penambah kesehatan dan penambah berat badan alami, ada beberapa efek samping yang harus Anda ketahui.

Tekanan Darah: Manfaat kesehatan teh kembang sepatu termasuk menurunkan tekanan darah (sifat antihipertensi). Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk orang yang sudah memiliki tekanan darah rendah atau hipotensi, menurut The Telegraph. Ini dapat menyebabkan pingsan, pusing, dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada jantung atau otak jika dikonsumsi oleh siapa pun dengan tekanan darah rendah.

ApakahTeh Hibicus Bermanfaat ?

Kehamilan dan Kesuburan: Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di BJOG: Jurnal Internasional Kebidanan dan Kandungan , teh kembang sepatu tidak dianjurkan untuk wanita hamil, terutama karena efek emmenagog , yang dapat merangsang menstruasi atau aliran darah di rahim atau daerah panggul. [15] Menurut MedlinePlus , kembang sepatu dapat menyebabkan kegoyahan, sembelit, dan ketidaknyamanan perut.  Bagi mereka yang menjalani perawatan hormonal atau minum pil KB, disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis kesehatan Anda mengenai konsumsi berbagai jenis teh ini.

Diabetes & Pembedahan: Hibiscus dapat menurunkan kadar gula darah sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika menderita diabetes atau berencana menjalani operasi.

Lainnya: Beberapa orang mungkin merasa mabuk atau mengalami halusinasi setelah minum teh kembang sepatu. Karena itu, berhati-hatilah sampai Anda tahu bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap teh. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan alat berat sampai Anda tahu apa efeknya pada sistem Anda.
Alergi: Beberapa orang mengembangkan reaksi alergi, seperti mata merah yang gatal, sinus atau demam ketika mengonsumsi teh kembang sepatu.

Baca juga : Kesehatan Pencernaan

Teh & Manfaat Herbal Terbaik

Catatan: Konsultasikan dengan dokter Anda jika mengonsumsi obat-obatan seperti Chloroquine, obat-obatan antidiabetes, Zocor, atau obat-obatan yang diubah oleh hati sebelum menggunakan teh kembang sepatu.

Hibiscus Tea: The Takeaway
Tidak banyak orang yang sadar bahwa hampir 15-30% teh kembang sepatu terdiri dari asam organik. Asam-asam ini adalah asam malat, asam tartarat, dan asam sitrat. Mereka umumnya ditemukan dalam buah-buahan seperti anggur dan anggur. Mereka membantu meningkatkan imunitas, meningkatkan kulit, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengelola peradangan, dan memperbaiki masalah pencernaan. Teh kembang sepatu memiliki efek diuretik dan koleretik, sehingga mengontrol viskositas darah dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan pencernaan. Jadi, lanjutkan dan menyeduh secangkir penuh kebaikan!

Kategori: Uncategorized

ibusehat

Dokteribu.com merupakan situs informasi tentang kesehatan ibu dan anak terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *